Bagaimana Cara Menggunakan Truncate Statement Di MySQL

Apa Itu Truncate Table?

TRUNCATE TABLE adalah salah satu perintah atau statement di database MySQL untuk mengosongkan atau menghapus semuda data yang ada di table. Perintah Truncate Table mirip dengan perintah DELETE table,  hanya lebih singkat dan sederhana tanpa menggunakan WHERE clause.


Sintak Dasar

Di bawah ini adalah sintak dasar Truncate Table di database MySQL:

TRUNCATE TABLE nama_table;

Contoh:

TRUNCATE TABLE mahasiswa;

Perintah diatas akan menghapus semua data di table Mahasiswa.

Catatan:
  • Perintah Truncate Table akan mereset sequence yang ada di table tersebut apabila salah satu kolomnya menggunakan constraint AUTO INCREMENT.
  • Jika Anda menggunakan engine database selain InnoDB, maka perintah Truncate Table akan menghapus semua data dan membuat table baru (re-create table).
  • Sedangkan jika Anda menggunakan engine database InnoDB, ketika tabel tersebut mempunyai beberapa Foreign Key, maka Truncate Table akan menghapus data baris per baris. Jika Foreign key tersebut mempunyai opsi DELETE CASCADE, maka data-data yang ada di child table (tabel referensi) akan ikut dihapus. Sedangkan jika tidak ada opsi DELETE CASCADE, Truncate Table akan menghapus data satu persatu, dan akan berhenti ketika ada error integrity constraint.

Truncate Vs Delete

Di bawah ini adalah tabel perbedaan antara Truncate Statement dan Delete Statement:

TRUNCATE DELETE
Merupakan kategori DDL (Data Definition Language) Merupakan kategori DML (Data Manipulation Language)
Akan menghapus seluruh record di table tanpa WHERE clause Akan menghapus record berdasarkan WHERE clause
Proses lebih cepat dan menggunakan lebih sedikit resource termasuk log transaksi Proses lebih lambat dan menggunakan lebih banyak resource termasuk log transaksi
Tidak dapat di rollback Dapat di rollback
Tidak dapat mengaktifkan trigger Dapat mengaktifkan trigger
Dapat mereset sequence Tidak dapat mereset sequence


Sekian tutorial Singkat Bagaimana Cara Menggunakan Truncate Statement Di MySQL. Semoga bermanfaat & Selamat Belajar database MySQL.

Jika Anda menyukai tutorial ini, silahkan Anda share dan Anda bagikan dengan teman-teman Anda, dan jika Anda ingin berdiskusi tentang judul tutorial diatas, atau pun mau bertanya tentang tutorial ini silahkan Anda untuk menggunakan fasilitas komentar untuk berdiskusi dan bertanya di blog ini.

Salam,


~Nursalim~
Naura-Lab.blogspot.com

Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih bila Anda mau membagikannya ke teman. Jangan lupa dapatkan update artikel terbaru dari Naura-Lab melalui email:

3 comments

Post a Comment