Mengenal dan Menggunakan Tipe Data di MySQL

Secara garis besar, database MySQL mempunyai 3 macam tipe data, yaitu:
  • Tipe Data Numeric
  • Tipe Data Date & Time
  • dan Tipe Data String

Tipe Data Numeric

Tipe Data Numeric pada database MySQL terbagi atas beberapa macam tipe data, yaitu:
  • INT

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -2.147.483.648 s/d 2.147.483.647. Tipe data ini mempunyai ukuruan 4 byte (32 bit).

    Contoh : TOTAL_MAHASISWA INT;

  • TINYINT

  • Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -128 s/d 127. Tipe data ini mempunyai ukuran 1 byte (8 bit)

  • SMALLINT

  • Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -32.768 s/d 32.767. Tipe data ini mempunyai ukuran 2 byte (16 bit)

  • MEDIUMINT

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -8.388.608 s/d 8.388.607. Tipe data ini mempunyai ukuran 3 byte (24 bit)

  • BIGINT

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan bulat positif dan negatif dengan jangkauan antara -8.388.608 s/d 8.388.607. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit)

  • FLOAT
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif presisi tunggal. Tipe data ini mempunyai ukuran 4 byte (32 bit).

  • DOUBLE
    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif presisi ganda. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

  • DECIMAL

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif presisi ganda. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

  • REAL

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

  • NUMERIC

    Digunakan untuk menyimpan data yang berupa bilangan pecahan positif dan negatif. Tipe data ini mempunyai ukuran 8 byte (64 bit).

Tipe Data Date & Time

Tipe Data Date & Time pada database MySQL terbagi atas beberapa macam tipe data, yaitu:
  • DATE

    Digunakan untuk meyimpan data tanggal dalam format YY:MM:DD

  • DATETIME

    Digunakan untuk menyimpan data tanggal dan waktu dalam format YY:MM:DD HH:MM:SS

  • TIME

    Digunakan untuk menyimpan data waktu dalam format HH:MM:SS

  • YEAR

    Digunakan untuk menyimpan data tahun.

Tipe Data String

Tipe Data String pada database MySQL terbagi atas beberapa macam tipe data, yaitu:
  • CHAR

    Digunakan untuk menyimpan data karakter/string dengan ukuran tetap. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 255 karakter.

  • VARCHAR

    Digunakan untuk menyimpan data karakter/string dengan ukuran dinamis. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 255 untuk MySQL versi 4.1. Dan mempunyai jangkauan antara 0 s/d 65.535 untuk MySQL versi 5.0.3

  • BLOB

    BLOB (Binary Large Object) adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan data biner seperti files, images, suara, dll. Tipe data ini mempunyai jangkauan 216-1 byte.

  • TINYBLOB

    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 255 byte.

  • MEDIUMBLOB

    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 244-1 byte.

  • LONGBLOB

    Digunakan untuk menyimpan data biner seperti file, image, dan suara. Tipe data ini mempunyai jangkauan 232-1 byte

  • TEXT

    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 65.535 (216-1) karakter.

  • TINYTEXT

    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 s/d 255 untuk MySQL versi 4.0, dan mempunyai jangkauan antara 0 s/d 65.535 untuk MySQL versi 5.0.3

  • MEDIUMTEXT

    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 224-1 karakter

  • LONGTEXT

    Digunakan untuk meyimpan data text. Tipe data ini mempunyai jangkauan antara 0 sampai dengan 232-1 karakter

  • ENUM

    Digunakan untuk menyimpan data enumerasi (kumpulan data)

  • SET

    Digunakan untuk menyimpan data himpunan data.

Sekian tutorial singkat tentang Mengenal dan Menggunakan Tipe Data di MySQL. Semoga bermanfaat & Selamat Belajar MySQL Database.

Jika anda menyukai tutorial ini, silahkan anda share tutorial ini dengan teman-teman anda.

Salam,

~Nursalim~
Naura-Lab.blogspot.com

Jika Anda rasa artikel ini bermanfaat, saya sangat berterima kasih bila Anda mau membagikannya ke teman. Jangan lupa dapatkan update artikel terbaru dari Naura-Lab melalui email:

27 comments

Kurang banyak

Reply

sangat membantu sekali, terima kasih.

Reply

Memangnya masih ada yang lain ?

Reply

info ini sangat membantu dan mempermudah kita untuk belajar, terimaksih:)

Reply

Terimakasih, tulisan yang bermanfaat

My blog

Reply

bermanfaat kunjungi juga
http://www.atmaluhur.ac.id/

Reply

tulisan yang bermanfaat. kunjungi jg http://www.atmaluhur.ac.id/

Reply

Kak.. Tanda titik pada bilangan -8.388 pada bignit itu artinya sebagai apa.. Apa itu emang nomonalnya ataukah itu koma...

Terua contoh untuk float kayak gimna

Reply

Artikel yang cukup membantu saya dalam memahami dan memilih serta menggunakan Tipe Data dalam membuat sebuah database di Mysql. Artikel dengan penjelasan yang cukup padat ilmu dan jelas. Terimakasih.


Izin share blog ya
Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
www.ahmadsi2b.blogspot.com

dan kunjungi pula
www.atmaluhur.ac.id

Reply

Terima kasih banyak gan,.

Reply

Mantap dah bang, akhirnya jadi tau apa aja tipe data mysql, soal nya penting banget nih untuk pemrograman web, saya lagi belajar tentang web soalnya. Kalo bisa, mau kenal nih sama abang. Perkenalkan yah, nama saya Ramayandra Valentino, dari STMIK Atma Luhur (https://www.atmaluhur.ac.id/)

Reply

Wuihhh mantul kak artikel nya aku jadi banyak mengetahui tentang tipe data mysql setelah membaca artikel kka' bikin lebih banyak lagi artikel yg bermanfaat, Sukses terus ya kak. kenalin nama aku Sekar Widya Lestari Dari Kampus STMIK ATMA LUHUR, ohh iya jangan lupa singgah ke website kmpus kita kak (https://www.atmaluhur.ac.id/). Terimakasih ;)

Reply

mantap bro artikel nya mudah dimengerti, saya jadi tau banyak belajar tentang tipe data mysql. Semangat terus bro artikel nya sangat bermanfaat sekali lagi Terimakasih. Nama saya Fariz Alfaiq dari STMIK ATMA LUHUR .Kunjungi website kampus kita (https://www.atmaluhur.ac.id/)

Reply

wahhhhh kerwn kak , artikelnya sangat membantu kami dalam mengerjakan tugas kuliah, mudah di pahami, singkat, dan jelas trimakasih banyak ya kak perkenalkan nama aku ririn nursa fitri mahasiswi stmik atma luhur website kampus https://www.atmaluhur.ac,id/

Reply

Terimakasih ya kak, Artikel nya sangat bermanfaat dan membanatu Saya untuk mengetahui secara mudah. Perkenalkan kak Nama saya Monalisa, Mahasiswa ISB ATMA LUHUR Pangkalpinang. Jangan lupa kak kunjungi website Kampus Saya (https://www.atmaluhur.ac.id)

Reply

setelah membacanya, saya dapat terbantu untuk bisa memahami type data di MySQL, terimakasih karena sudah membagikan ilmunya kak. Kenalkan saya Nizhra Izdaharia dan jgn lupa kunjungi link website kampus saya kak di https://www.atmaluhur.ac.id

Reply

Terimakasih kak telah berbagi ilmunya tentang tipe tipe data pada mySQL, sangat bermanfaat. Sukses selalu dan ditunggu artikel selanjutnya. Oh ya perkenalkan nama saya Sarwono dari kampus ISB ATMA LUHUR, jangan lupa mampir ke website kampus kami ya kak https://www.atmaluhur.ac.id

Reply

Mantapz kak,.penjelasanya lengkap tentang tipe datanya,.saya Riswanto Kak Mahasiswa ISB ATMALUHUR Prov.Babel,.teruslah berkarya kak,.terimakasih,.oh yaa mampir juga ke situs Kampus Kami https://www.atmaluhur.ac.id

Reply

I Like Your Artcile. This Article is Amazing and Easy Tp Understand visit to know top Instagram Desigining account Click Here

Reply

Terimakasih kak. Artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu. perkenalkan nama saya irfandi amanda putra dari ISB Atma Luhur

Reply

Terimakasih kak ,,karna blog yang kakak buat bagus dan saya menjadi lebih memahami mulai dari apa itu wordpress,manfaatnya,dan perbedaan antara wordpress. org dan wordpress .com ,,semoga sukses dan terus berkarya kak perkenalkan nama saya esa dhea ramadhaniISB Atmaluhur

Reply

terimakasih kak atas artikelnya sangat bermanfaat bagi saya dan penjelasannya pun mudah untuk dimengerti,Perkenalkan nama saya Septiani dari ISB Atma Luhur,dan ini website kampus saya https://www.atmaluhur.ac.id

Reply

Terimakasih kak atas artikelnya. Informasi ini sangat membantu saya dalam Mengenal dan Menggunakan Tipe Data di MySQL .semangat terus kak dalam berkarya dan semoga sukses
Perkenalkan nama saya Ismoyo Budiutomo dari ISB Atma Luhur

Reply

thanks bang the info is very useful, and helpful
My name is larasati 1822500149 from campus ISB Atma Luhur

Reply

Nice info, dont foget visit my website Monitor Teknologi

Reply

Post a Comment